Friday, July 25, 2008

Tips Ngecilin Badan

Berat dan ukuran badan gue berkurang banyak sejak Oktober tahun lalu. Awalnya berat badan dulu yang turun 8 kg. Abis itu turun terus pelan2. Sekarang sih belum pernah nimbang lagi, tapi rasanya tambah ringan. Kalo ukuran badan berkurang sejak November deh. Celana yang tadinya ngepas banget sekarang longgar --sampe melorot, hehe, kaos2 lama sekarang udah muat lagi. Rok yang hampir 2 taun ga pernah dipake (karena syempit) sekarang udah muat lagi :”>

Gue naik berat badan sampe 10 kg sejak November 2006. Gara2 sosialisasi SIMPEG ke seluruh Indonesia. Karena kurang tidur, gue makan terus supaya ga sakit. Emang sih tetep sehat... plus gemuk, hehehe :P

Terus April 2007 gue sakit sampe mesti bedrest 3 bulan. Beuh, makin jadi deh tuh. Kurang gerak, banyak istirahat, makannya bagus. Sama dokter cuma disuruh nurunin 2 kg. Ternyata badan tetep kerasa berat. Mestinya gue turunin sampe 5 kg, walopun disuruhnya 2 kg aja. Tapi ya gitu deh, pemalas :D

Nah, bulan September gue nyobain obat pelangsing. Ga ngarep apa2, karena sebenernya gue tau berat gue gampang naik, gampang turun juga, kalo diniatin. Eh sebulan kemudian beneran turun 8 kg! Hihihihi.... Ga gue minum lagi deh. Karena gue mengurus, Diana juga nyobain. Beneran turun banyak juga. Cuman dia curang, ga mo nimbang. Indikatornya ukuran celana aja yang turun 3 nomer dalam 1,5 bulan. Gila ye. Abis Diana, sepupunya nyoba juga, Ateh. Ini lebih cadas lagi, turun 12 kg dalam 2 bulan!

Sekarang gue udah ga minum obat itu lagi. Berat badan tetep terjaga dong, hehe. Obat itu memperbaiki metabolisme dan pencernaan kita. Jadi kalo udah bener ga usah minum lagi. Sekarang gue jaga pola makan yang bener.

Pagi2 gue SARAPAN. It's the most important meal of the day! Semua kegiatan kita dimulai pagi hari kan? Sarapan harus kenyang dan mengandung banyak serat. Kalo sarapan kita kurang serat, siangan dikit akan ngantuk dan cepet laper padahal belum waktunya makan siang. Jangan tanya gue sarapan apa ya hehe... Yah secara gue mania nasi, pastinya gue sarapan nasi :D Kalo sarapannya mie instan doang mah jam 11 juga udah laper lagi. Mending gue makan nasi sekalian. Yang paling bagus sih sarapan gandum ato oatmeal. Kalorinya tinggi dan mengandung banyak serat.

Oh iya, gue masak nasinya beras putih campur beras merah, dengan perbandingan 2:1. Lebih cepet kenyang daripada nasi putih doang, seratnya lebih banyak, tapi gulanya lebih rendah, ga semanis nasi putih biasa, so lebih cepet diserap tubuh dan dikonversi jadi energi. Buat yang ga biasa sih mungkin ga gitu napsu awalnya. Tapi dengan begitu indera perasa kita jadi lebih sensitif, nah efeknya konsumsi garam dan perasa bisa dikurangi. Cobain deh ke anak kecil. Pasti mereka jadi ga begitu suka jajan yang manis atopun asin.

Dengan sarapan nasi merah-putih dan lauk ini gue tahan laper sampe jam 1-2. Porsi makan siangnya lebih sedikit daripada sarapan. Ini gue natural aja ga membatasi diri, kuatnya emang cuma segitu hehe. Jam 6an biasanya makan tahu ato tempe 2 potong. Kadang digoreng, kadang dikukus. Sekali lagi bukan karena membatasi diri tapi emang cuma pengen segitu.

Temen gue lain lagi pola makannya. Pagi dia sarapan lengkap: karbohidrat, protein dan lemak. Siang makan protein dan lemak. Malam makan buah aja. Seharian dia makan karbohidrat cuma waktu sarapan. Badannya ya baguslah... Udah punya anak 2 padahal.

Intinya sih ngecilin ato ngejaga badan tuh gampang. Pake obat pelangsing sebenernya ga gue saranin. Karena orang cuma ngandelin obat pelangsing tanpa menjaga pola makannya. Padahal badan kita terjaga kesehatan dan beratnya karena pola makan, bukan obat pelangsing. Perlu diinget juga bahwa pola makan bisa dibentuk. Badan kita gampang banget nyesuaiin diri sama hal baru. Coba aja kurangi konsumsi kopi (buat yang suka ngopi), ato apapun yang takarannya udah di atas normal, selama minimal 3 hari berturut-turut. Abis itu pasti kita jadi less addicted sama hal tersebut. Supaya ini jadi kebiasaan, lakukan terus selama 21 hari. Di hari ke-22 kita ga perlu mikir ato niat lagi karena udah jadi kebiasaan dan otomatis. Gampang kan...

No comments:

Post a Comment