Friday, March 10, 2006

something to think about

Seorang teman, perempuan, curhat gila2an di Food Court Plaza Semanggi tadi malam. Topik: boss, pekerjaan dan kantor yang menyebalkan. Dari ceritanya yang panjang gue menyimpulkan (tapi gue belom bilang ke dia) hal2 yang bikin dia kesel dan sebel sama boss dan kantornya adalah ketidakpuasan atas kurangnya penghargaan dari boss atas kerja (keras)nya.

Dia cerita suatu hari dia disuruh lembur sama si boss, kita sebut boss Payah, karena proyek itu mau kejar tayang dalam 2 hari. Padahal kalo si boss bisa mengefektifkan waktunya (kasarnya sih manajemen waktunya ga bagus), order kerjaan itu udah bisa turun ke dia sejak 1 minggu sebelumnya. Bayangin, SATU MINGGU, 5 hari kerja. Paling ngga dia ga perlu lembur dan besoknya tegang seharian karena langsung Sang Klien (gue pake huruf besar karena kadang2 klien jadi tuhan buat boss2) yg ngereview kerjaannya tanpa supervisi dan koreksi dari boss. Padahal si boss bilang sebelum temen gue itu pulang ngelembur, kerjaannya akan dicek malam itu juga. (Besoknya waktu dia tanya udah dicek ato belum, bossnya cuma ngejawab sambil lalu, “Lupa,” as if that project is worth nothing at all.)

Hal kedua yang bikin dia kesel adalah omongan si boss waktu gajian akhir bulan lalu. Kantor temen gue itu gajian di hari terakhir tiap bulan. (Istilahnya Nugi, kalo ada tanggal 70 ya gajiannya tanggal 70.) Gajian TIDAK DIDASARKAN pada proyek yang dikerjakan. Eh tau2 si boss ngomong lewat salah satu anak buahnya yg loyal ke dia (temen gue ini ngaku kalo dia ga loyal2 amat sama perusahaan/bossnya hehe), “Kalian mestinya gajian besok (aka tgl 1) karena kerjaan kalian belum beres!”
HEH!!!??? Dengan sengitnya temen gue nanya ke temennya, “Oh jadi ada aturan baru nih kita gajian berdasarkan proyek? Ada komisi juga dong!”
Temennya cuman

Hal ketiga, dia selalu disalahin sama boss yg satu lagi karena kerjaannya lewat jatuh tempo. Salah satunya gara2 proyek yang ga dicek lagi itu. Seharusnya hari itu dia ngerjain proyek lain. Tapi karena si boss lupa/alpa/khilaf/ga bisa ngatur waktu, semua kerjaan hari itu dipending dan diswitch ke proyek-kejar-tayang-dalam-2-hari itu. Eh boss atunya lagi, kita sebut aja dia boss Rese, nuntut pertanggungjawaban, “Ini udah due date kok belom kamu ngerjain? Emang kamu ngerjain apa?”
“Proyek-kejar-tayang-dalam-2-hari.”
“Yang mana sih? Emang ada? Mana requestnya?”
*DAMN!!!* dalam hati tentunya. “Ya udah dibalikin dong pak, kan udah selesai. Kalo ga percaya tanya aja ke si Payah. Tapi tetep aja saya salah ya, kan saya cuma anak buah!” temen gue jadi ketus ngomongnya. Sementara si Rese ga komentar apa2 lagi langsung cabut balik ke ruangannya. Besoknya dia -si Rese maksudnya- masih ngomongin hal yang sama, tetep sambil nyureng. Gue juga pasti emosi jiwa punya dua boss gebleg kayak gitu.

Sekarang temen gue itu lagi muak2nya sama kantor. Dia milih diem, menutup diri dari temen2 kantornya. Emang dasarnya dia juga ga suka gaul sama temen kantornya karena merasa itu hanya ngerusak privacy. (EMBER!)

Bukannya ga bersyukur masih punya pekerjaan, bahkan kerjaan yang dia sukain banget. Dia cuma ngarepin bosses itu ngertilah sama perasaan anak buah. Jangan seenaknya aja mentang2 boss, nyuruh anak buah lembur tapi kayak gitu. Yang bikin dia lebih empet lagi, kerjaan itu sebenernya bisa dibawa pulang. Apalagi akhirnya toh ga dicek juga. Mending dia pulang, kerjain di rumah, besoknya kasi ke boss. Tapi ntahlah.. I don’t know what’s going on in those minds of busy bosses. And I don’t know what they’re so busy thinking/doing anyways.

Gimana kalian para boss, ada tanggapan?

2 comments:

  1. hehehe saya mo nge-link ke postingan ini deh.. tanggapan saya? liat http://ryanes.blogspot.com ajah..

    ReplyDelete